Cara Mendaftarkan Blog di Search Console

Cara Mendaftarkan Blog di Search Console

Cara Mendaftarkan Blog di Search Console  - Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana Cara Mendaftarkan Blog di Google Search Console. Kegunaan mendaftarkan blog ke google search console ini adalah untuk mempercepat proses pengindekan artikel kita di mesin pencari milik google. Bahasa Kasarnya, biar artikel yang kita buat lebih cepat tampil ketika kita mencari di google. Jika Blog dan artikel tidak kita daftarkan, maka google biasanya akan mengindeks otomatis sekitar 2-3 bulan. Maka dari itu, mendaftarkan blog ke google search console sangatlah penting sekali. 

Untuk mengecek apakah blog yang baru kita buat sudah diindek oleh google sangatlah mudah sekali. Silahkan buka saja web google.com kemudian ketikkan alaman blog kalian. Misalnya, ketikkan inatutorial.blogspot.com. Setelah itu, coba lihat dihalaman pencarian di bawahnya, apakah blog kamu sudah ada di daftar pencarian google. Jika belum ada, berarti kamu harus mendaftarkan blog kamu ke google search console atau google webmaster tools. Untuk mendaftarkan blog Anda, silahkan ikuti arahan dari artikel ini sampai selesai. 

Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster. Cara yang digunakan untuk mendaftarkan blog ke search console sebenarnya ada dua cara. Yang pertama kamu bisa mendaftarkan blog kamu melalui halmaan dashboard blog kamu. Sedangkan cara yang kedua kamu bisa mendaftarkan langsung menuju situs dari google webmaster yaitu: https://www.google.com/webmasters/ setelah itu kamu bisa langsung mendaftarkan blog kamu. Namun, pada artikel ini, cara yang akan dibahas adalah cara yang pertama, karena dirasa sangatlah mudah. Untuk lebih jelasnya perhatikan tutorial dibawah ini:

Cara Mendaftarkan Blog di Google Search Console

1. Silahkan buka blogger.com dan login ke blog. Masuk ke halaman Dashboard. 
2. Setelah itu klik Ikhtisar dan pada kotak Panduan Blogger Klik tulisan Buka Search Console. lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.


3. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman google search console. Tambahkan alamat blog kamu dengan cara menuliskan alamat blog misalnya: inatutorial.blogspot.com setelah itu Klik Tombol Tambahkan Properti. lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. 


4. Setelah itu, Kamu harus melakukan verifikasi blog dengan cara memasukkan kode dari google ke halaman HTML blog kamu. Pilih metode verifikasi menggunakan Tag HTML, setelah itu akan muncul kode verifikasi dari google. 


5. Silahkan Copy kode tersebut dan pastekan di halaman HTML blog dibawahnya kode <head> kemudian klik tombol Simpan Template.

6. Jika sudah Simpan Template langkah selanjutnya adalah Klik tombol VERIFIKASI pada laman search console. 
7. Jika berhasil, maka akan ada pemberitahuan bahwa verifikasi telah berhasil. 

Supaya blog dan artikel anda cepat terdaftar di google langkah selanjutnya yaitu menambahkan peta situs di Search Console dan memasukkan link artikel satu persatu. Untuk lebih jelas lagi silahkan bacara artikel yang terkait dibawah ini .

Demikian tadi tutorial mengenai cara mendaftarkan blog kita ke mesin pencarian google (google search console) atau biasa disebut sebagai google webmaster. Jika kamu mengalami masalah dalam hal verifikasi blog, silahkan meninggalkan komentar di bawah ini. Selamat mencoba kawan, semoga artikel-artikel di blog kamu bisa berada di halaman pencarian google. Amiiiin.....


Penting..!!! Jangan lupa meninggalkan komentar yang positif, Sebelumnya kami mohon maaf apabila ada link yang aktif maka akan dihapus oleh admin. Makasih ^_^