Cara Membuat Menu Navigasi Blog di Blogger

Cara Membuat Menu Navigasi Blog

Cara Membuat Menu Navigasi Blog di Blogger - Pada artikel Cara membuat menu navigasi di blog ini, admin akan membahas secara lengkap cara untuk membuat dan pengaturan menu navigasi pada blog yang menggunakan blogger.com. Blog yang baru dibuat  di blogger biasanya  tidak terdapat menu-menu navigasi seperti pada gambar di atas, meskipun baru saja mengubah template dari blog, namun menu navigasinya tidak muncul, yang muncul hanya menu Home saja. Nah, pada artikel ini masalah tersebut akan dibahas secara tuntas. 

Menu navigasi adalah jalan untuk menuju artikel yang akan kita cari, dengan adanya menu-menu navigasi pembaca blog akan terbantu untuk mencari artikel yang diinginkannya. Maka dari itu, pembuatan menu navigasi yang bagus dan mewakili isi dari artikel-artikel di blog sangatlah penting untuk diperhatikan.  Lantas, bagaimana caranya membuat menu-menu navigasi di blog ?

Tampilan Menu kosong
Tampilan Blog dengan Menu masih kosong

Cara untuk membuat menu di blog sebenarnya bisa dibilang mudah, namun juga bisa dibilang susah bagi segelintir orang yang memang awam dan baru saja mengenal internet dan blog. Maka dari situ, pada artikel ini akan dibahas secara detail mengenai fungsi-fungsi dari kode yang membentuk sebuah menu pada blog di blogger. 

Secara umum, kode yang digunakan untuk membuat menu baru di blog adalah sebagai berikut:
<li> <a href='link halaman'> Nama Menu</a></li>
Setiap menu diawali dengan kode <li> yang berarti list. list yang dimaksud adalah menu. setelah kode <li> dilanjutkan dengan kode <a href=' '>text yang fungsinya untuk menambahkan atribut hyperlink (penghubung ke halaman lain) dan ditutup dengan kode </a> dan </li>. Lantas, bagaimana cara untuk membuat menu-menu pada blog seperti yang kita harapkan?, Oke.. mari langsung saja kita bahas caranya dibawah ini.

Cara Membuat Menu Navigasi pada Blog

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat menu pada blog di blogger: 
1. Login ke blog dengan cara memasukkan user dan password blog kamu. 
2. Masuk ke halaman Dashboard dan klik Template pada bilah sebelah kiri.  Kemudian klik tombol Edit HTL.

3. Setelah itu cari kode menu HOME dengan cara tekan tombol CTRL+F dan ketikkan "home" pada kotak pencarian di pojok kanan atas jendela kode html blog. carilah sampai ketemu tulisan home dengan diawali kode <li><a href='/'> home</a></li>. 

4. Setelah itu, tambahkan beberapa menu sesuai dengan keinginan kamu dengan cara mengcopy-paste script atau menuliskannya lagi dibawahnya, untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah ini.

5. Setelah selesai, klik tombol Simpan Template di atas dan kemudian klik tombol Lihat Blog untuk melihat hasilnya pada halaman blog kamu. 

Keterangan lebih lanjut:
Pada gambar di atas, setelah kode <a ada tambahan atribut (title=' ') itu adalah Tulisan yang muncul ketika menu kita sorot dengan kursor mouse. Tanda pagar setelah kode href (href='#') nantinya akan diganti dengan link halaman maupun link menuju label dari blog kamu. Untuk mengetahui link dari label pada blog kamu caranya dengan cara klik kanan Nama Label pada blog kamu dan pilih Copy Link address, setelah itu pastekan dengan menggantikan tanda pagar pada pengaturan HTML blog kamu.  Contoh link yang sudah dihubungkan dengan label adalah sebagai berikut: <li><a href='http://inatutorial.blogspot.com/search/label/blog'></a></li>. Untuk lebih lengkapnya cara mengambil link dari label, lihatlah gambar dibawah ini:



Bagaimana cara menghubungkan link pada halaman seperti About, Contact dan Daftar Isi?
1. Bukalah Dashboard blog kamu.
2. Klik Laman kemudian klik tombol Laman baru.
3. Setelah itu Isi Judul laman dengan tulisan "About" dan Klik Tombol Publikasikan
4. Maka secara otomatis, link dari halaman tersebut adalah http://namablog/p/About.html
5. Link tersebut yang nantinya akan dimasukkan ke dalam kode penghubung halaman pada menu about. 
6. Selanjutnya, buka Template - Edit HTML 
7. Carilah "about" dengan cara mencari seperti cara diatas. 
8. Setelah ketemu, maka langsung aja ganti kodenya dengan link halaman about. Contoh link yang sudah diganti <li> < a href='http://namablog/p/about.html > </a> </li>
9. Klik tombol Simpan Template dan Lihat Blog.

Demikianlah tadi tutorial cara membuat menu navigasi pada blog yang dapat digunakan untuk memudahkan pembaca blog kamu dalam menjelajahi isi dari blog tersebut. Tutorial di atas mungkin masih terasa sangat membingungkan dan sulit bagi orang yang masih awam dengan kode-kode html sebuah blog. Jika ada masalah mengenai menu-menu yang kamu buat di blog, silahkan aja meninggalkan pertanyaan dengan cara berkomentar dibawa. 

Sekian dahulu informasi dari kami, ada kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, mudah-mudahan tutorial cara membuat menu navigasi pada blog ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Selamat Mencoba kawan, semoga sukses....


Penting..!!! Jangan lupa meninggalkan komentar yang positif, Sebelumnya kami mohon maaf apabila ada link yang aktif maka akan dihapus oleh admin. Makasih ^_^

2 Responses to "Cara Membuat Menu Navigasi Blog di Blogger"