Mengembalikan Komentar Hilang di Blog


Cara Mengembalikan Komentar yang Hilang di Blog - Tempat Komentar yang hilang / tidak muncul di blog adalah hal yang sering dialami oleh para blogger yang tergolong baru, banyak faktor yang menyebabkan komentar pada blog, biasanya blog dengan jenis blogger atau blogspot. Jika Anda sedang membaca artikel ini, berarti Blog Anda juga mengalamai masalah seperti itu. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kejadian tersebut. Hadapi semua masalah dengan senyuman. He he he.... 

Komentar tidak muncul di blog membuat para blogger gelisah galau merana (GEGANA) kata Cita Citata. Hal tersebut juga sempat dialami oleh admdin (penulis) blog ini sendiri dahulu ketika baru-baru menjadi seorang blogger. Semua cara sudah dilakukan, hingga ditelurusi mulai dari script-script HTML di blog, sampai ke pengaturan mengenai halaman dan penayangan komentar di blogger, namun masalahnya hanya sepele. Dari pengelaman itulah admin ingin membagikan beberapa masalah yang sepele yang membuat komentar di blog kita tiba-tiba hilang.

Ternyata, selain admin, teman-teman blogger yang tergolong baru di dunia blogging banyak mengalami hal yang sama dan mereka juga sempat bingung pada awalnya, sampai-sampai ingin membuat blog dengan nama yang baru (karena sudah putus asa), namun, karena bertanya kesana kemari, akhirnya nemu juga caranya. Dari sekian banyak pengalaman dan kejadian tersebut maka dari itu, untuk mengembalikan komentar yang hilang pada blog kita, silahkan langsung saja simak informasinya dibawah ini: 

Cara Mengembalikan Komentar yang Hilang di BLOG

Ada banyak faktor yang menyebabkan komentar pada blog hilang, biasanya komentar di blog hilang disebabkan karena kita baru saja mengganti template dari blog, jadi sebagian pengaturan untuk komentar berubah. Selain itu, biasanya disebabkan karena kita baru membuat akun Google+ (Google Plus) dan menghubungkan blog kita dengan Google+. Pada saat menghubungkan blog dengan akun Google+ biasanya kita lupa mengubah pengaturan komentar pada blog menjadi komentar pada google+, jadi komentar pada blog kita tidak muncul
Itulah tadi beberapa penyebab umum yang biasanya terjadi jika komentar di blog kita hilang atau tidak muncul. Langsung saja, untuk mengembalikan komentar blog yang hilang, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Mengecek Pengaturan Umum komentar di blog. 
1. Masuk ke halaman posting di blog dengan cara: masuk ke Akun Blogger, setelah itu masuk ke TataLetak, klik Edit pada Halaman Posting. Pastingan kotak komentar tercentang. 


2. Kemudian yang kedua pastikan di setiap artikel pengaturan untuk berkomentar telah diizinkan. Untuk mengaturnya silahkan masuk ke Akun Blogger. Setelah itu, Klik Post, klik tombol Edit pada salah satu artikel yang komentarnya hilang. setelah itu klik izinkan, kemudian klik tombol Selesai. Lihat gambar dibawah ini:


3. Cara yang ketiga adalah mengatur tampilan form komentar di pengaturan blog. Langung saja, untuk mengaturnya Anda harus login dan masuk ke Akun Blogger terlebih dahulu, setelah itu Klik Setelan - klik Pos dan Komentar. Atur komentar seperti gambar dibawah ini:



4. Cara yang keempat ini adalah yang paling harus diperhatikan. Karena setiap blogger yang baru mengalami hal ini, dan lupa untuk mengatur cara berkomentar di blog jika baru saja dihubungkan dengan akun Google+. 
Langkah yang pertama yaitu Masuk ke Akun Blogger, kemudian Klik Google+. Hilangkah centang Gunakan Google+ untuk berkomentar. Lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah ini:


Nah, setelah itu coba lihat komentar pada blog Anda, kira-kira sudah ada apa belum. Jika komentar pada blog Anda sudah kembali muncul, berarti setelah menghubungkan akun Google+ dengan blog, jangan lupa untuk menghilangkan cawang Gunakan Google+ komentar di blog ini. Kebanyakan teman-teman blogger hanya lupa mengatur pada point yang ini. Sebenarnya masalahnya hanya simple namun, jika pengaturannya tidak diubah kita akan sedikit kebingungan. 

Namun, jika keempat pengaturan diatas sudah dilakukan dan ternyata komentar tidak kunjung tampil juga, itu berarti template Anda rusak dan harus diperbaiki kode HTMLnya. Berarti Anda harus mengatur kode scriptnya di halman Edit HTML blog .  Perhatikan dibawah ini:
Masuk ke halaman Edit HTML.
Setelah itu cari kode dibawah ini dengan cara tekan Ctrl+F dan masukkan kode dibawah ini:
<b:include data="post" name="comments">
Jika Sudah ketemu, langsung copy-pastekan kode dibawah ini persis dibawah kode tadi. 
<b:include data="post" name="comment-form">

Cara yang kedua yaitu:
Cari kode dibawah ini:
<p class="comment-footer"><br> <a href="data:post.addCommentUrl" onclick="data:post.addCommentOnclick"> <data:postcommentmsg></data:postcommentmsg></a></p>
Ganti dengan kode dibawah ini:
<p class="comment-footer"> <b:if cond="data:post.embedCommentForm"><br> <b:include data="post" name="comment-form"> <b:else><br> <b:if cond="data:post.allowComments"><br> <a href="data:post.addCommentUrl" onclick="data:post.addCommentOnclick"><br> <data:postcommentmsg></data:postcommentmsg></a> </b:if> </b:else></b:include></b:if> </p>

Jika setelah mengganti kode tadi masih juga belum muncul, maka disarankan untuk mengganti atau menginstal template baru. 
Namun, kebanyakan pengaturan komentar di blog bisa berubah menjadi tidak ada dikarenakan pengguna blog menghubungkan blognya dengan akun Google+, sedangkan setelah menghubungkan komentar di blog akan otomatis diarahkan ke halmaan Google+, jadi jangan lupa untuk menggantinya. 

Cukup sekian, Terimakasih...


Penting..!!! Jangan lupa meninggalkan komentar yang positif, Sebelumnya kami mohon maaf apabila ada link yang aktif maka akan dihapus oleh admin. Makasih ^_^

2 Responses to "Mengembalikan Komentar Hilang di Blog"

  1. thanks gan, artikelnya sangat bermanfaat :D kotak komentarku muncul lg deh

    BalasHapus
  2. Ingin beruntung seperti temen-temen kamu?

    Langsung saja kamu mendaftar di AsliBandar dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna.

    Dengan Deposit yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Ingin beruntung seperti temen-temen kamu?

    Langsung saja kamu mendaftar di www.AsliBandar.net dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna.

    Dengan Deposit yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Untuk Info lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

    Pin BB : 2B3C34F4
    YM : Aslibandar_CS
    Skype : AsliBandar
    Telp : +855882388666
    FB : AsliBandar

    BalasHapus