Cara Membuat Desain Kemasan Produk

Cara Membuat Desain Kemasan Produk  - Pada tutorial kali ini, kita akan membahas cara membuat desain kemasan sebuah produk yang sesuai dengan ukuran produk aslinya, jika di cetak ke dalam kertas kemudian digunting dan dilipat sesuai dengan bentuknya lalu di rangkai dan di lem, maka ukurannya bisa sesuai dengan produk aslinya. Untuk membuat desainnya tentunya harus dengan ketentuan ukuran dari produk tersebut, tidak asal mendesain, karena bisa saja produknya tidak muat dimasukkan kedalam kemasannya atau sebaliknya. 

Cara Membuat Desain Kemasan Produk

Pada artikel Cara Membuat Desain Kemasan Produk kali ini, kita akan belajar mendesain kemasan sebuah produk menggunakan aplikasi Coreldraw. Sebenarnya banyak cara yang dapat digunakan untuk mendesain kemasan produk tersebut. Kita bisa mendesain produk menggunakan Adobe photoshop, Adobe Ilustrator dan masih banyak lagi software grafis lain yang dapat digunakan. Akan tetapi aplikasi yang paling sering digunakan oleh para  desainer, dan menurut pendapat dari admin sendiri, aplikasi yang paling mudah dan hasilnya juga bagus adalah menggunakan Corel Draw.

Aplikasi corel draw yang digunakan dalam tutorial kali ini adalah aplikasi Corel Draw X4, aplikasi ini tampilannya hampir sama dengan corel draw X5 dan X6. Namun hanya versi dan ada beberapa kelebihan atau fasilitas tambahan yang tidak dimiliki oleh corel draw X4. Namun, dalam tutorial kali ini, juga bisa diterapkan dalam corel draw 11, karena tool-tools yang digunakan untuk mendesain kemasan produk ini adalah tools umum yang banyak terdapat di aplikasi corel dalam berbagai versi. 

Tutorial Membuat Desain Kemasan Produk
Kali ini kita akan mencoba mendesain sebuah kemasan produk pasta gigi, namun disini kita tidak membuat kemasan dari produk yang ada di pasaran. Kita mencoba membuat nama baru dengan desain baru. Tutorial hanya membahas cara-cara dasar yang digunakan untuk membuat desain kemasan produk,dan kemudian bisa dikembangkan menjadi yang lebih baik. 

Langsung saja, untuk lebih jelasnya ikuti beberapa perintah dibawah ini:

1.) Menentukan ukuran produk dengan cara diukur dengan penggaris. Misalnya dalam kegiatan kali ini, ukuran dari pastagiginya adalah dengan diameter 5 cm dan panjangnya 20 cm. berarti kita harus membuat desain layoutnya seperti ini:


2. Setelah itu mulailah mendesain bagian depan, Buatlah lingkaran lonjong dengan menggunakan Ellipse Tool.
3. Masukkan gambar dengan cara klik menu File - Import dan klik satu kali di lembar kerja
4. Masukkan gambar tersebut ke dalam lingkaran lonjong yang telah dibuat dengan cara Klik menu Effect - PowerClip - Place inside Container dan klik (masukkan) ke dalam Lingkaran tadi.

5. Setelah itu, Lakukan hal yang sama dengan lingkaran yang sudah ada gambarnya, yaitu dengan cara klik menu Effect - Powerclip - Palce Inside Container dan klik pada bingkai atas kotak. Kemudian atur posisinya dengan cara klik menu Effect - Powerclip - Edit Contens. Jika sudah selesai klik menu Effect - PowerClip - Finish Editing This Levels.

6. Setelah itu, tambahkan beberapa judul kemasan sehingga nampak bagus seperti contoh di atas. 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat video tutorialnya di bawah ini: 


Kalian bisa membuat desain lain yang lebih bagus dengan kreasi dan ide kreativ masing - masing. Seperti contoh desain produk yang pernah dibuat oleh admin untuk sebuah perusahaan di kota jember.


Demikian tutorial pada kali ini, semoga dapat bermanfaat dan tidak membuat kalian bingung. Disaran untuk mendownload videonya langsung di youtube, sehingga lebih mudah dalam mempelajarinya. Berikut ini link videonya: www.youtube.com/watch?v=AJJ5fRZ4Kbk


Penting..!!! Jangan lupa meninggalkan komentar yang positif, Sebelumnya kami mohon maaf apabila ada link yang aktif maka akan dihapus oleh admin. Makasih ^_^

5 Responses to "Cara Membuat Desain Kemasan Produk"

  1. Wah min good job Postingan yang bermanfaat nih....
    Bagus min......

    Jangan lupa juga kunjungi halaman ini
    http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id/2016/05/mesin-antrian-bersolusi.html
    http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id/2016/05/alat-survey-kepuasan-pelanggan.html

    BalasHapus
  2. Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat sekali nih
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus
  3. thanks for share.
    well done with 3d...dont forget subscribe too 😁

    https://rvizstudio.blogspot.co.id/2017/12/rviz-studio-freebies.html

    BalasHapus